Sunday, August 24, 2014

Juventus Dengan Fiat Group Hingga Tahun 2021!


Juventus dan Fiat Group Automobiles memperpanjang kerjasama sponsor mereka selama enam tahun, mulai dari musim 2015/16 hingga 2020/21. Kontrak yang sekarang, dengan menggunakan brand/merek Jeep, berlangsung tiga tahun mulai 2012/13 hingga 2014/15 senilai 13m per tahunnya dan berkat prestasi di musim 2013/14, Fiat Group memberikan bonus sebesar 6m. Di kerjasama yang baru ini, Juve akan mendapat 17m per tahunnya, belum termasuk bonus.

Nama Jeep tidak disebut dalam perjanjian baru ini sehingga kemungkinan Fiat Group yang akan menentukan merek mobil apa yang akan diusung setiap tahunnya. Sekedar informasi, Fiat Group sekarang membawahi 12 merek yaitu Abarth, Alfa Romeo, Chrysler, Dodge, Ferrari, Fiat, Fiat Professional, Jeep, Lancia, Maserati, Ram Trucks, dan SRT.

Sebagai perbandingan, Milan menerima 15m per tahun dari Emirates Group hingga 2014 (dan kalau tidak salah, diperpanjang hingga 2015) dan intermilan menerima 13.1m per tahun dari Pirelli hingga 2018.
Nomor satu di Italia, tetapi terus terang, jauh tertinggal di Eropa. P$G, Real Madrid dan Barcelona telah menerima 30m+ per tahun, belum termasuk bonus, dan apalagi kalau dibandingkan dengan ManUtd, 79m per tahun! (Walau begitu, angka ManUtd ini adalah angka “optimis” dan akan berkurang cukup banyak apabila tidak mencapai target-target tertentu. Tetapi tetap saja, luar biasa tinggi!)

Dan sekedar informasi, di tahun 2006 Juve sudah mencapai angka 36m per tahun, tertinggi di Eropa saat itu, dari Tamoil, perusahaan minyak milik Libya. Dalam sejarahnya, hubungan Juve dengan pemimpin Libya saat itu, Muammar Gaddafi, memang dekat dan bahkan Gaddafi melalui perusahaannya sempat memiliki saham di Juve hingga kejatuhan diktator Libya tersebut di tahun 2011.

Tetapi apa daya, akibat calciopoli di tahun 2006, kerjasama sponsor dengan Tamoil pun terhenti sebelum waktunya dan sejak saat itu, pendapatan Juve dari sponsor utama belum lagi dapat mendekati angka tersebut.

Masih jauh memang dari tim-tim top Eropa, tetapi dengan kerjasama baru ini, dan dengan Adidas dan kenaikan pendapatan dari hak siar TV Serie A, mulai tahun 2015 Juve akan menerima kenaikan pendapatan 40m+ dari ketiga sumber utama pendapatan komersil ini :
  • Sponsor Utama: Dari Jeep, 11.7m/tahun (13m di tahun 2013/14), ke Fiat Group, 17m/tahun
  • Sponsor Apparel: Dari Nike, 12.5m/tahun, ke Adidas, 29.25m/tahun
  • Hak Siar TV: Dari sekitar 100m, naik sekitar 20% di tahun 2015 (belum termasuk Champions League)
Selain itu, masih ada Continassa, yang juga akan mulai beroperasi tahun 2015, dan pengembangan potensi di pasar Asia, dimana tim-tim Italia baru memulai sedangkan tim-tim EPL dan Barca-Real Madrid sudah memulainya sejak lama.

Kenaikan pendapatan ini tentu masih belum dapat “menyentuh” pendapatan ManUtd, Barcelona, Real Madrid, Bayern dan tim-tim petro-dollar namun ini sudah merupakan kenaikan yang cukup signifikan. Mudah-mudahan, dengan kenaikan ini, mulai tahun 2015 Juve dapat lebih leluasa dalam menggelontorkan dana untuk merekrut pemain-pemain kelas dunia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...